[REFRAT/ANAK] Tumbuh Kembang pada Sindrom Down

PENDAHULUAN

Istilah tumbuh kembang sebenarnya mencakup 2 peristiwa yang sifatnya berbeda, tetapi sulit dipisahkan, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan mempunyai dampak terhadap aspek fisik, sedangkan perkembangan berkaitan dengan pematangan fungsi orgam/individu. Walaupun demikian, kedua peristiwa itu terjadi secara sinkron pada setiap individu.1

Untuk tercapainya tumbuh kembang yang optimal tergantung pada potensi biologiknya. Tingkat tercapainya potensi biologik seseorang, merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling berkaitan, yaitu faktor genetik, lingkungan bio-fisiko-psiko-sosial dan perilaku. Proses yang unik dan hasil akhir yang berbeda-beda yang memberikan ciri tersendiri pada setiap anak. Begitu pula pada anak yang menderita sindrom down.1

Sindrom Down disebabkan kelainan pada kromosom. Bayi normal dilahirkan dengan jumlah 46 kromosom (23 pasang) yaitu hanya sepasang kromosom 21 (2 kromosom 21). Semua individu dengan sindrom Down memiliki 3 salinan kromosom 21. sekitar 95% memiliki salinan kromosom 21 saja. Sekitar 1% individu bersifat mosaik dengan beberapa sel normal. Sekitar 4% penderita sindrom Down mengalami translokasi pada kromosom 2.2

DAFTAR PUSTAKA

 1.       Soetjiningsih. Tumbuh kembang anak. Jakarta: EGC, 1998

2.       Kliegman RM. Kelainan kromosom Dalam Ilmu kesehatan anak Jilid 2 edisi 12. Behrman RE, Vaughan VC, Nelson WE (editors). Alih Bahasa : Siregar MR. EGC, Jakarta, 1992; 392-5.

3.       Widodo, M N.  Down Syndrome. [serial online] tanpa tahun. Available from URL http://google.com

4.       Abdoerrahman et al. Abnormalitas Kromosom dalam Ilmu Kesehatan Anak Jilid 1. FKUI, Jakarta, 1985; 217-19

5.       Izquierdo, Natalio J. Down Syndrome. Emedicine. [serial online] 2008. Available from URL http://emedicine.com 

6.       Chen,  Harold. Down Syndrome. Emedicine. [serial online] 2007. Available from URL http://emedicine.com

7.       Woodhouse, J. Margaret et al. The Effect of Age, Size of Target, and Cognitive Factors on Accommodative Responses of Children with Down Syndrome. Investigative Ophthalmology and Visual Science. 2000; 41:2479-2485.

8.       Cregg, Mary et al. Development of Refractive Error and Strabismus in Children with Down Syndrome. Investigative Ophthalmology and Visual Science. 2003;44:1023-1030

9.       Haugen, Olav H, Gunnar Høvding, Isa Lundström. Refractive development in children with Down’s syndrome: a population based, longitudinal study. Br J Ophthalmol. 2001;85:714-719

10.   Anounymous. Down Syndrome Development. About Down Syndrome. [serial online] 2006. Available from URL http:// www.about-down-syndrome.com

11.   Winders, Pat. Physical therapy for Down syndrome should focus on gross motor skill development.  [serial online] 2007. Available from URL http:// www.mdconsult.com

12.   Smith, Beth A et al. Effect of Practice on a Novel Task—Walking on a Treadmill: Preadolescents With and Without Down Syndrome. Phys Ther. 2007; Vol. 87, No. 6:pp. 766-777

13.   Ulrich, Dale A et al. Treadmill Training of Infants With Down Syndrome: Evidence-Based Developmental Outcomes. Pediatrics. 2001; Vol. 108 No. 5 : p. e84

14.   Trotsenburg, A. S. Paul van et al. The Effect of Thyroxine Treatment Started in the Neonatal Period on Development and Growth of Two-Year-Old Down Syndrome Children: A Randomized Clinical Trial. The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism. 2005; Vol. 90, No. 6: 3304-3311

15.   Annerén, G et al. Growth hormone treatment in young children with Down’s syndrome: effects on growth and psychomotor development. Arch Dis Child. 1999; 80:334-338

16.   Roberts, Joanne E. et al. Language and communication development in down syndrome. Wiley-Liss. 2006; Volume 13, Issue 1:26 – 35

17.   Caselli, M. Cristina et al. Gestures and Words in Early Development of Children With Down Syndrome. Journal of Speech, Language, and Hearing Research. 1998; Vol.41 1125-1135

18.   Miller, Jon. Language Development in Children with Down Syndrome. [serial online] 2001.  Available from URL http://www.brookespublishing.com

19.   Kumin,Libby. Comprehensive Speech and Language Treatment for Infants, Toddlers, and Children with Down Syndrome. [serial online] tanpa tahun. Available from URL http://www.ds-health.com

20.   Vicari, S. Motor development and neuropsychological patterns in persons with Down syndrome. Behav Genet. 2006; 36(3): 355-64

21.   Roberts, Joanne E. , Johanna Price , Cheryl Malkin. Language and communication development in down syndrome. Mental Retardation and Developmental Disabilities Research Reviews. 2006; Vol 13, Issue 1:26-35

22.   Wishart, Jennifer G. Cognitive development in young children with Down syndrome: developmental strengths, developmental weaknesses. [serial online] 1998. Available from URL http://www.dsrf.org

NB :

Diatas merupakan salah satu tulisan ilmiah saya yang saya buat untuk keperluan coass di RSUD Ulin Banjarmasin. Bagi teman-teman yang berminat untuk full text nya harap beri comment dan kirim email (berisi nama, kuliah/kerja dimana, dan untuk keperluan apa) ke alamat drbudiseptiawan@gmail.com, nanti saya akan kirimkan filenya.

Kalau tulisan ini berkenan dan bermanfaat comment please

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: